Inilah manusia ketika masih hidup,tetapi sudah tahu akan masuk syurga

Join Telegram Taman Ilmu Di Bawah

Telegram

Inilah manusia ketika masih hidup,tetapi sudah tahu akan masuk syurga

Rasulullah merupakan sosok yang sangat dicintai oleh siapa saja yang pernah bertemu dengannya, terutama oleh sahabat-sahabatnya.

Sepening gal Rasulullah, di tangan merekalah perjua ngan Islam diteruskan dan lewat mereka jugalah ilmu Islam berkembang dan berjaya sampai hari ini.

Lantas, siapa sih yang berhak menyandang gelar mulia sebagai sahabat nabi ini? Menurut Imam Al-Bukhari rahimahullah, “Siapa saja dari kalangan kaum muslimin, yang pernah menyertai dan melihat Rasulullah, maka ia terhitung sahabat nabi”. (Shahih Bukhari)

Imam Ahmad rahimahullah melalui Ibnu Taimiyyah berkata, (sahabat adalah) “Siapa saja yang menyertai Rasulullah setahun, sebulan, sehari, atau sesaat, atau melihat ia, maka ia termasuk sahabat Nabi. Derajat masing-masing ditentukan menurut jangka waktunya menyertai Rasulullah.”

Rasulullah sendiri begitu memuliakan sahabat-sahabatnya, melalui sabda berbunyi, “Janganlah kalian mencaci ma ki sahabat-sahabatku. Demi Tuhan yang menguasai nya waku, andaikata seseorang dari kamu membelanjakan emas sebesar gunung Uhud, tentunya ia tidak mencapai satu mud maupun setengahnya yang dibelanjakan oleh seorang dari mereka (sahabat-sahabatku).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sahabat nabi sendiri menempati posisi yang istimewa, bahkan di mata Allah sekalipun. Sehingga mereka mendapat julukan radhiyallahu ánhum (semoga Allah meridhoi mereka).

Banyak sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Namun, terdapat 10 sahabat nabi yang disebutkan secara spesifik namanya oleh Rasulullah dijamin masuk surga.

Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar termasuk orang pertama yang memeluk Islam. Sepeninggal Nabi Muhammad, Abu Bakar lah yang menggantikan posisi ia dengan menjadi khalifah Islam, yaitu pada tahun 632 sampai 634 Masehi.

Abu Bakar lahir dengan nama Abdullah bin Abi Quhafah, nama lengkapnya yaitu Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Taim bin Murrah bin Ka’ab.

Abu Bakar sendiri merupakan ayah dari Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW. Dengan kata lain, Abu Bakar adalah mertua Rasulullah.

Abu Bakar jugalah yang pertama kali membenarkan perjalanan Isra’ Mi’raj yang dilakukan Rasulullah. Karenanya, sejak saat itu ia dipanggil Abu Bakar ash-Shiddiq.

Umar bin Khattab

Selain Abu Bakar, Umar bin Khattab termasuk dalam salah satu sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Umar sendiri merupakan khalifah kedua dalam Islam setelah Abu Bakar, yakni mulai tahun 634 sampai 644 Masehi. Sama seperti pendahulunya, Abu Bakar, Umar pun diberi julukan sebagai Khulafar Rasyidin atau khalifah yang diberi petunjuk.

Umar lahir dari seorang ibu bernama Hantamah binti Hasyim yang amat menyayanginya. Sebelum akhirnya menggantikan posisi Abu Bakar yang wafat, Umar sempat menjabat sebagai penasihat kepala.

Utsman bin Affan

Sahabat nabi lainnya yang juga dijamin masuk surga adalah Utsman bin Affan. Ia merupakan seorang pedagang kaya yang sangat dermawan.

Setelah Umar bin Khattab wafat, Utsman-lah yang menggantikan posisinya memegang tampuk kepemimpinan. Utsman mulai menjalankan kepemimpinannya dari tahun 644 sampai tahun 656 Masehi.

Selain dikenal sebagai sosok yang pemalu, Utsman mendapat julukan Dzunnurain yang artinya adalah pemilik 2 cahaya, hal ini dikarenakan Utsman menikahi dua orang putri Rasulullah, yakni Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Ali bin Abi Thalib

Setelah syahidnya Utsman, poros kekhlifahan berpindah ke tangan Ali bin Abi Thalib. Ali sendiri merupakan salah satu orang yang pertama memeluk agama Islam, Selain merupakan sepupu Rasulullah, Ali juga menikahi Fatimah az-Zahra (putri Rasul). Dari pernikahan inilah lahir dua cucu Rasulullah; Hasan dan Husein.

Thalhah bin Ubaidillah

Selain 4 Khulafar Rasyidin, Thalhah bin Ubaidillah merupakan sahabat nabi dari suku Quraisy yang dijamin masuk surga. Selain pernah menjadi konsultan Rasul, ia juga pernah terlibat dalam Perhang Uhud yang membuatnya mengalami luka yang amat pa rah. Thalhah kemudian berpulang ke pangkuan Allah setelah terkena panah mu suh pada Perhang Jamal.

Az-Zubair bin Al-‘Awwam

Az-Zubair merupakan putra dari bibi Rasulullah atau dengan kata lain ia adalah sepupu langsung Nabi SAW. Az-ubair sendiri termasuk dalam golongan as-Sabiqun al-Awwalun atau sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Tidak hanya itu, ia merupakan orang pertama yang dengan berani pernah menghu nus pe dang di Perhang fi Sabilillah.

Sa’ad bin Abi Waqqas

Bersama beberapa sahabat lain, Sa’ad bin Abi Waqqas juga termasuk salah seorang orang terdekat nabi yang menerima Islam sebagai pegangan hidupnya. Selain pernah ikut berjuang membela agama Islam, ia merupakan pemimpin pasukan Islam ketika berperhang mela wan ten tara Persia di Qadissyah. Perhang tersebut merupakan salah satu perhang besar dan bersejarah bagi umat Islam.

Sa’id bin Zaid

Mendapat julukan sebagai Abu al-Aawar, Sa’id bin Zaid merupakan sepupu dekat Umar bin Khattab. Selain masuk Islam pada awal kedatangan ajaran Islam di Makkah, ia merupakan salah satu sahabat nabi yang sudah dijamin masuk surga oleh Allah SWT .

Abdurrahman bin Auf

Barangkali nama Abdurrahman bin Auf sudah tidak asing di telinga kita. Ya, ia memang merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat terkenal. Ia juga termasuk salah satu dari 8 orang pertama yang memeluk Islam dan sudah dijanjikan surga oleh Allah SWT.

Abu Ubaidah bin al-Jarrah

Sahabat nabi yang juga tidak luput dari janji imbalan surga adalah Abu Ubaidah bin al-Jarrah. Ia adalah seorang muhajirin dari kaum Quraisy Mekah. Abu Ubaidah pernah ikut serta berhijrah ke Madinah dan terlibat dalam peperha ngan membela Islam. Ketika Abu Bakar dipilih sebagai khalifah, Abu Ubaidah-lah yang dipilih sebagai panglima per hang dalam memimpin pasukan Muslim ketika berper hang mela wan kekaisaran Romawi.

Hadits 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ

Dari [Abdurrahman bin ‘Auf] dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Abu Bakar masuk surga, Umar masuk surga, Utsman masuk surga, Ali masuk surga, Thalhah masuk surga, Zubair masuk surga, Abdurrahman bin ‘Auf masuk surga, Sa’ad masuk surga, Sa’id masuk surga dan Abu Ubaidah bin Jarah masuk surga.” (Hadits Tirmidzi Nomor 3680)

Sumber: islamfuture. net

Apa Kata Anda? Dah Baca, Jangan Lupa Komen Dan Share Ya. Terima Kasih.

Jangan Lupa Juga Untuk Follow Kami di Ambil Tahu Dot Com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*